Wakapolres Bangkalan pimpin apel konsolidasi operasi ketupat Semeru 2019

Bangkalan, Wartapos.id – Dalam rangka pengamanan pelaksanaan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang akan di laksanakan di Jakarta selama 2 (dua) pekan mulai Jum’at (14/06/2019) sampai Jum’at (28/06/2019) mendatang, Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan melaksanakan kegiatan apel konsolidasi operasi ketupat Semeru 2019.

Dipimpin oleh Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Bangkalan, Kompol Hendi Kurniawan, SH diikuti oleh Seluruh anggota Polres Bangkalan, TNI, Dinas perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Senkom Mitra Polri serta pemadam kebakaran.

Dalam sambutannya, Wakapolres, Kompol Hendi Kurniawan,SH yang membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur, Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan M.si. dalam amanatnya, Kapolda menyampaikan bahwa Polda Jawa Timur beserta jajaran yang di back up oleh seluruh instansi di Jawa Timur telah melaksanakan operasi ketupat Semeru 2019 selama 13 hari terhitung mulai tanggal 29 Mei sampai tanggal 10 Juni 2019.

Kapolda dalam amanatnya juga menyampaikan bahwa dalam rangka pengamanan sidang penyelesaian perselisihan hasil pemilihan umum 2019, Polda Jatim telah menyiapkan sebanyak 6.331 (enam ribu tiga ratus tiga puluh satu) personel dan dibantu oleh TNI sebanyak 2980 (Dua ribu sembilan ratus delapan puluh) personel. Adapun sasaran dari kegiatan tersebut antara lain kantor KPU, Kantor Bawaslu , gudang logistik dan obyek vital yang ada di wilayah Jawa Timur.

Kapolda juga menyampaikan untuk Lomba Pos Pelayanan untuk SATWIL TIPE A, Juara 1 diperoleh Polres Gresik, Juara 2 diperoleh Polres Malang dan juara 3 diperoleh Polres Malang Kota. Untuk SATWIL TIPE B, Juara 1 diperoleh Polres Tuban, Juara 2 Polres Situbondo dan juara 3 Polres Blitar. SATWIL Tipe C, Juara 1 diperoleh Polres Bangkalan, juara 2 Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan juara 3, Polres Pasuruan Kota.

Sedangkan untuk lomba Pos Pengamanan, SATWIL Tipe A, Juara 1 diperoleh Polres Gresik, juara 2 diperoleh Polrestabes Surabaya dan juara 3 diperoleh Polres Madiun. SATWIL TIPE B Juara 1 diperoleh Polres Tulungagung, juara 2 Polres Magetan dan juara 3 diperoleh Polres Ponorogo. SATWIL TIPE C, Juara 1 diperoleh Polres Bojonegoro , juara 2 Polres Blitar Kota dan juara 3 diperoleh Polres Batu. Sedangkan untuk Juara umum Pos pelayanan diperoleh Polres Tuban dan pos PAM diperoleh Polres Gresik.

Wakapolres Bangkalan, Kompol Hendi Kurniawan SH usai pelaksanaan apel konsolidasi kepada awak media menyampaikan bahwa dalam pengamanan PHPU di Jakarta, Polres Bangkalan mengambil langkah penggalangan kepada tokoh serta masyarakat.

“Polres Bangkalan terkait pengamanan jelang sidang PHPU, kami melakukan penggalangan kepada tokoh- tokoh masyarakat, kepada masyarakat, kepada kelompok-kelompok agar bisa menyikapi permasalahan tersebut dengan baik, ikuti proses hukum yang ada, jadi tidak usah mengambil langkah yang kontra produktif,” tutur Hendi.

Hendi lantas menghimbau agar masyarakat tidak perlu berangkat ke Jakarta,” Kami menghimbau agar masyarakat khususnya masyarakat Bangkalan tidak perlu ke Jakarta, cukup ikuti prosesnya dari rumah, sikapi dengan baik, bersikap dewasa dan kita dukung apapun hasil yang ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi.” Himbaunya. (San)