Kepala BKPSDA Luruskan isu Mengenai Mantan Kepala Dispendukcapil Masih Berdinas di Tempat Yang Lama

Bangkalan, Wartapos.id – Pasca pelantikan pejabat tinggi Pratama (eselon II) Kabupaten Bangkalan pada hari Rabu (08/05/2019) yang lalu, beredar isu dikalangan masyarakat pemerhati pemerintahan di Kabupaten Bangkalan terkait tetap bertugasnya mantan kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bangkalan, Rudianto S.Sos, MM di kantor Dispendukcapil, Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Mlajah, Bangkalan pada hari Senin (13/05/2019) bukan di tempat tugas yang baru sebagai Kepala Dinas Ketahanan pangan Kabupaten Bangkalan.

Menurut kabar yang berkembang menyebutkan antara lain, pelantikan atau mutasi mantan kepala Dispendukcapil tersebut “DIDUGA” belum mengantongi ijin atau rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sesuai Undang – undang Nomer 24 tahun 2013 tentang Dispendukcapil.

Terkait adanya kabar yang berkembang tersebut, wartawan wartapos.id mengkonfirmasi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA), Muh. Gufron, SH, MM di ruang kerjanya pada Senin (13/05/2019) siang, Gufron meluruskan atas isu yang beredar di masyarakat tersebut.

“Dikarenakan Dispendukcapil adalah kantor pelayanan, maka Pak Rudi masih harus tetap berdinas di sana (dispendukcapil) hingga penggantinya ada,” jelas Gufron.

Gufron juga menyampaikan bahwa mantan Kepala Dispendukcapil tersebut (Rudianto) sudah bertugas di kantor Dispendukcapil selama 5 (lima) tahun terakhir.

“Pak Rudi ini sudah bertugas selama 5 tahun di Dispendukcapil, Kalau sudah 5 tahun itu, sudah waktunya untuk diganti,” tuturnya. “Pak Rudi sementara di sana (dispendukcapil) sampai ada penggantinya. Dalam beberapa Minggu ke depan ini kita siapkan proses lelangnya untuk diajukan ke provinsi dan Mendagri.” Papar Gufron menerangkan.

Dari Lelang jabatan tersebut, akan dipilih minimal 3 (tiga) orang pejabat yang akan diajukan sebagai calon dan kemungkinan pelaksanaan lelangnya diperkirakan setelah hari raya idul Fitri,”Pendaftaran lelangnya kita siapkan, mungkin habis lebaran pelaksanaan lelangnya.” Tutup Gufron mengakhiri penjelasannya. (San).