Sinkronisasi Informasi dilanjutkan Berbuka Bersama Bupati dan wartawan Bangkalan

Bangkalan- Wartapos.id – Puluhan wartawan dari berbagai media, baik media cetak, online, televisi dan radio yang bertugas di Kabupaten Bangkalan, melaksanakan buka puasa bersama unsur Pemerintah Kabupaten Bangkalan pada Sabtu (11/05/2019) bertempat di ruang Meeting Perseba, Komplek Pendopo Agung Bupati Bangkalan, Jalan Letnan Abdullah Nomer 01 Bangkalan.

Buka puasa tersebut digelar Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bangkalan dalam rangka “Sinkronisasi Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan” yang dihadiri oleh Bupati Bangkalan, R. Abdul Latif Amin Imron, Wakil Bupati Bangkalan, Drs. Moh. Mohni, MM, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bangkalan, Drs. Bambang Setyawan, MM (Mantan Kepala Diskominfo,red), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangkalan, Ir. Puguh Santoso, MMA , Kepala Bidang dan jajaran Diskominfo Kabupaten Bangkalan, Ketua PWI Bangkalan, Drs. Fathur Rahman Said, SH serta ketua dari persatuan atau komunitas wartawan di wilayah Kabupaten Bangkalan beserta anggotanya.

Dalam sambutannya, Mantan Kepala Diskominfo yang sekarang menjabat sebagai Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bangkalan, Drs. Bambang Setyawan, MM menyebutkan jumlah media massa yang tercatat di Diskominfo Kabupaten Bangkalan terdiri dari 19 (sembilan belas) media cetak, 32 (tiga puluh dua) media online, 7 (Tujuh) media televisi dan 2 (dua) media radio.

Bambang Setyawan juga menyampaikan terima kasih kepada para awak media yang selama ini telah membantu Diskominfo Kabupaten Bangkalan dalam menjalankan tugas menyebarkan informasi kepada masyarakat, utamanya terkait program-program Pemerintah Kabupaten Bangkalan serta peran media dalam menangkal berita HOAX.

“Perlu diketahui bahwa peranan media sangat penting terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan, tanpa adanya media, masyarakat tidak akan tahu apa yang sedang dikerjakan oleh pemerintah,” papar Bambang Setyawan dalam sambutannya.

Bupati Bangkalan, R. Abdul Latif Amin Imron dalam sambutannya mengajak kepada seluruh wartawan untuk menyajikan berita yang berimbang sehingga tidak merugikan salah satu pihak. Selain itu, ia juga mengajak wartawan untuk tidak menyebarkan berita hoax.

“Di dalam kebebasan pers ini, mudah mudahan kita semua sangat arif dalam mengambil keputusan, baik itu dalam menyampaikan berita, mudah-mudahan ini juga tidak menjadikan salah satu pihak, baik yang diberitakan menjadi dirugikan atau tidak senang dengan pemberitaan tersebut. Tapi, Alhamdulillah selama ini pemberitaan di Kabupaten Bangkalan sangat normatif, baik kritik maupun saran tidak lain bertujuan untuk membangun Kabupaten Bangkalan yang kita cintai,” papar Ra Latif.

Ra Latif menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak terkait atas usaha yang telah dilakukan selama ini dalam men-support wartawan sebagai sosial kontrol. Ra Latif juga menyampaikan harapannya agar nantinya pengganti Kepala Diskominfo dapat bersinergi dan mudah mudahan dapat lebih baik lagi terhadap insan pers mitra kerja Pemerintah Kabupaten Bangkalan, sehingga program- program kerja dan kinerja dari Pemerintah Kabupaten Bangkalan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwasanya setiap kebijakan publik yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bangkalan, diharapkan menjadi sahabat dari masyarakat melalui pemberitaan yang konstruktif, membangun, akurat serta berimbang, tidak mengandung fitnah dan mematuhi kode etik Jurnalistik wartawan Indonesia.

“Karena ini jamannya banyak kabar-kabar yang HOAX, sy harap, insyaAllah kalau wartawan Bangkalan ini tidak memberitakan yang hoax – hoax.” Tutup Ra Latif mengakhiri sambutannya. (San)