Tim Asesor BANS/M Jatim Kunjungi SMA ISLAM Sumberasih

Probolinggo, Wartapos.id – Akreditasi lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANS/M) memiliki tim khusus dalam pelaksanaannya. Akreditasi dilaksanakan oleh tim asesor yang dipilih dan diseleksi secara ketat oleh BANS/M. Asesor adalah tenaga pakar pada bidang ilmu, bidang studi, profesi, dan atau praktisi yang mewakili BANS/M dalam penilaian akreditasi lembaga pendidikan.

Dalam menjalankan tugas untuk melakukan penilaian akreditasi, terdapat beberapa tahap penilaian yaitu penilaian terhadap portofolio lembaga pendidikan atau institusi yang disampaikan oleh lembaga pendidikan atau institusi beserta lampiran-lampirannya melalui pengkajian desk evaluation. Penilaian di lapangan atau visitasi untuk validasi dan verifikasi hasil desk evaluation atau penilaian di tempat lembaga pendidikan atau institusi.Tim Aseseor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANS/M) Provinsi Jawa Timur melakukan visitasi (kunjungan) ke Sekolah SMA ISLAM SUMBERASIH Desa Muneng Kidul Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Kunjungan ini untuk mengetahui sejauh mana sebuah lembaga pendidikan yang berstandart nasional dan layak sebagai lembaga pendidikan berkompeten.

Tim Asesor BANS/M Jatim Atok Prawito menjelaskan semua lembaga pendidikan harus melalui proses ini,  sehingga akreditasi visitasi bukan hal yang menakutkan akan tetapi merupakan tambahan pemicu melengkapi sebuah lembaga pendidikan agar lebih layak serta sangat berkualitas untuk menghasilkan anak didik yang bagus dan berintegritas mutu pendidikannya. Tentunya mengacu pada standar nasional pendidikan tegasnya di dampingi rekannya Annur Rofiq di sela-sela kunjungan.

Kepala Sekolah SMA ISLAM SUMBERASIH Arip Rakhman Suryono S.Pd menurutnya akreditasi ini adalah bagian dari sebuah proses yang harus dijalani sebuah lembaga pendidikan agar bisa memiliki kompetensi dan standart mutu akademik untuk siswa. Dari visitasi ini kita bisa mengetahui kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki agar susai standar pendidikan nasional ucapnya saat mendampingi tim asesor akreditasi.

Pihaknya menegaskan siap divisitasi akreditasi sebagai wujud kesiapan di bidang pendidikan untuk mencetak anak didik berkualitas. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di sini, tandasnya.

Menambahkan, kesiapan sebuah lembaga pendidikan harus diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) para pendidik dan sarana prasarana yang ada, serta komunikasi dengan masyarakat sebagai wujud keberadaan sekolah yang berkualitas dan unggul berkompeten dalam menghasilkan anak didik berkualitas. Sangat bagus, ini akan menjadikan sekolah ini semakin lebih berkualitas. Dalam visitasi akreditasi ini tim asesor melihat administrasi sekolah, peninjauan langsung kegiatan belajar mengajar di kelas,  perpustakaan, mushola dan unit kesehatan sekolah.(ris/ful)