Peringati HUT RI 73, Desa Datinawong Gelar Tasyakuran Dan Berbagai Perlombaan

Lamongan, Wartapos.id – Dalam rangka memperingati dan menyambut Hari Ulang Tahun(HUT) kemerdekaan Republik Indonesia(RI) yang ke-73 berbagai cara banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menyambutnya, khususnya masyarakat Desa Datinawong, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

Pada beberapa waktu lalu tepatnya Minggu (12/8/2018), Desa Datinawong menggelar doa tasyakuran di lapangan desa yang dipandu oleh Habib Muchsin dari Kabupaten Jember dan memgelar beberapa perlombaan seperti, bola voly.

Kepala Desa Datinawong, Mudzakir mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu cara masyarakat Desa Datinawong dalam menghormati dan mengenang jasa para pahlawannya yang telah berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan RI, dimana sekarang semua rakyat telah menikmati kemerdekaannya.

Oleh karena itulah dalam rangka mengisi kemerdekaan tersebut rakyat ikut berpartisipasi melalui cara untuk mengguggah kembali nilai-nilai luhur dan solidaritas kebersamaan.

“Kegiatan HUT RI ke-73 yang diadakan masyarakat Desa Datinawong dengan berdoa untuk mensyukuri kemerdekaan ini, merupakan sarana untuk memupuk rasa tali silaturohim antar warga serta menggali dan mengingatkan kembali pentingya rasa persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan nasionalisme,”kata Mudzakir.

Selain itu, ia juga menjelaskan kegiatan doa bersama dan perlombaan ini bertujuan untuk mensyukuri nikmat karunia Tuhan Yang Maha Esa untuk negara Indonesia dan memberikan serta mengingatkan kembali rasa kebersamaan antar warga dalam mencapai tujuan yang utamanya untuk mengingatkan kembali bagaimana para pahlawan kita dalam memperoleh kemerdekaan.

Kades Mudzakir berharap, nilai-nilai solidaritas antar warga ini bisa terpupuk kembali untuk membangun desa. Sementara, kegiatan ini sendiri bisa terselenggara berkat partisipasi masyarakat dengan cara swadaya dan sukarela.(Sholeh)