Kodim 0817/Gresik Gelar Doa Bersama 171717.

Kodim 0817 Gresik Gelar Doa Bersama 171717
Foto kiri: Suasana doa bersama 171717 di pondok pesantren Mambaus Sholihin. Foto kanan: Dandim Gresik, Letkol Kav Widodo Pujianto saat memberikan bingkisan ke anak yatim

Wartapos, Gresik

Doa bersama lintas agama telah digelar pada  Kamis (17/8/2017) pukul 17.00 WIB bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI).

Tentara Nasional Indonesia (TNI), melaksanakan doa bersama untuk ketentraman dan kedamaian NKRI yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Nusantara.

Salah satunya di wilayah Kabupaten Gresik acara ini dilaksanakan secara terpusat di beberapa tempat ibadah, yakni untuk yang beragama Islam dipusatkan di masjid Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Manyar, yang beragama Kristen di Di Gereja Prawan Maria di Kecamatan Kota Gresik, Hindu di Pura Menganti.

Komandan Kodim (Dandim) 0817/Gresik, Letkol Kav Widodo Pujianto mengatakan, perintah untuk melaksanakan doa bersama ini langsung dari panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Tujuannya adalah agar NKRI lebih toleransi berkasih sayang sesama pemeluk umat beragama, karena semua agama mengajarkan kasih sayang kepada semua mahlukNya.

Sedangkan dipilihnya waktu tanggal 17 Agustus 2017 karena pada hari ini merupakan hari bersejarah dan hari kemerdekaan Bangsa Indonesia. Bangsa ini terbebas dari segala macam penjajahan dan pada akhirnya menang melawan agresi militer Belanda  berkat jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah gugur di medan perang.

“Untuk itu pada hari ini kita berdoa bersama seluruh komponen anak bangsa dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dengan penuh kasih sayang antar sesama rukun dan damai sejahtera.” Ujar Dandim.

Dalam pelaksanaannya doa bersama ini selain diikuti seluruh anggota, juga akan para tokoh Ulama dan Habib, serta Hafiz Alquran dan komponen masyarakat lainnya tanpa memandang suku, ras dan agama.

“Agar senantiasa saat kita berdoa secara bersama- sama termasuk yang non muslim selalu dilindungi dari segala macam bencana dimanapun berada.” Tambah Dandim.

Semoga saja dengan dilakukan kegiatan doa bersama tersebut, Tuhan Yang Maha Kuasa akan mengabulkan Negara Kesatuan Republik Indonesia penuh dengan kasih sayang serta tidak ada keributan, sehingga pemerintah  dan seluruh elemen masyarakat dapat bersama-sama fokus membangun bangsa sehingga nantinya Bangsa Indonesia menjadi lebih aman tenteram, makmur dan menjadi bangsa yang mandiri berdaulat dan sejahtera. Perlu diketaui acara doa bersama 171717 yang digelar di masjid pondok pesantren Mambaus Sholihin serta diikuti oleh ribuan umat islam tersebut, Komandan Kodim memberikan bingkisan untuk anak yatim. Pukul 18.30 WIB acara berakir dengan lancar dan sukses. (dan/nur).