PT.NOVAPHARIN Buang Limbah B3 di Selokan

Wartapos,Gresik

Masyarakat desa yang dulunya menikmati udara segar, air yang menggalir di selokan selokan yang begitu jernih seakan-akan bisa menjadi terapi kesehatan mata. Dengan berjalanya waktu semua berubah total sekarang hanya tinggal kenangan,
Kamis.8/6/2017 telah ditemukan salah satu pabrik PT.NOVAPHRIN diwilayah Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik yang diduga membuang limbah B3 di selokan. Untuk menggelabui masyarakat, cara pembuangannya melalui lubang-lubang kecil seperti bekas galian kepiting/yuyu dan waktunya pagi  orang berangkat bekerja, siang  waktu orang istirahat dan sore waktu orang mau menjalankan sholat mahgrib itu semua dilakukan agar tidak dilihat masyarakat . Dari keterangan salah satu warga yang berada di depan rumahnya dilalui air limbah tersebut mengatakan “aliran air iniloh kok deras  dan warnanya sangat keruh sekali “ ini sering dilihatnya. Menurut keterangan dari warga yang tinggalnya disebelah selatan pabrik, mengeluh karena sering mencium bau yang tidak sedap menyengat hidung.

Gambar Pabrik PT.Novapharin
Gambar Pabrik PT.Novapharin

Memang dulunya  masyarakat tahu keperuntukan lahan tersebut itu sebagai gudang, sekarang menjadi suatu pabrik masyarakat Dusun Bendil tidak pernah diundang untuk diajak rembukan atau musyawarah. Dari data yang didapat dari kantor Pemda Gresik memang menyatakan lahan yang ditempati oleh PT.NOVAPHARIN tersebut adalah lahan properti bukan lahan untuk industi. Diduga ada oknum perijinan Pemda Gresik yang bermain karena lahan Properti bisa menjadi lahan industri ini sangat bertentangan dengan tata ruang kota Gresik.
Dengan adanya pelangaran PT.NOVAPHARIN membuang limbah B3 tidak pada tempatnya, warga melaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Gresik yang diterima oleh Shabrina. Dan Kadis Lingkungan Hidup (LH) Baktiar Gunawan mengatakan “Tentang pelangaran PT.NOVAPHARIN akan kita proses secepatnya”. Tegas Kadis LH Baktiar Gunawan (Bs)